Kiat Sukses Ber-Organisasi Lewat Sejuta Ide

547469_3460117348138_1701935280_n

Dalam dunia organisasi, sebuah ide memiliki harga yang mahal. Karena dari sebuah ide bisa memunculkan produktifitas, kualitas, kredibilitas dan publisitas positif nan tinggi. Ide biasanya muncul dari pikiran seseorang, bisa datang kapan saja, di mana saja dan dalam berbagai macam caranya. Sebuah ide bisa menjadikan seseorang dianggap penting, karena dapat membantu dan memudahkan hal yang dianggap sulit. Dengan sentuhan ide, bisa membuat hal biasa menjadi luar biasa. Hanya saja tidak semua orang memiliki banyak ide ataupun idenya selalu bagus dan ide tidak selalu ada ketika dibutuhkan. Akan tetapi ide bisa kita dapatkan dengan melatih diri dan otak kita untuk terus berpikir, sehingga teman2 MTA bisa menjadi aktivis organisasi yang gede dengan segudang ide.
Sebagai seorang aktivis organisasi di kampus, tentunya teman2 MTA perlu mencoba beberapa kiat di bawah ini untuk mendapatkan sebuah ide dan mengelola pikiran agar ide bisa selalu berkembang.

1. Jangan Terpengaruh Mitos dan Takhayul

Ide dan kreativitas tak bisa dipisahkan, karena hanya dari otak yg penuh kreativitas sajalah ide brilian biasanya banyak bermunculan. Bagaimana caranya agar kita mempunyai otak yang penuh kreativitas? Pasti bisa, Ingatlah! Otak merupakan sesuatu yagn mahal, maka yang harus dihasilkan otak-pun pasti sesuatu yang mahal ataupun berharga. Yang harus teman2 ingat dan perlu camkan dalam2 dalam paradigma tentang sebuah ide adalah “jangan terpengaruh oleh mitos atau missconception yang mengatakan bahwa kreativitas itu adalah bawaan lahir dan sebagian besar dari kita tak memiliki bakat seperti itu.” Itu semua omong kosong. Kreativitas untuk mengeluarkan ide itu adalah kemampuan yang bisa dipelajari. Jadi, bagi Teman2 MTA yang bermimpi jadi manusia dengan segudang ide, keahlian ini bisa Teman2 MTA pelajari.

2. Wujudkan Mimpi

Jadilah seorang yang tidak hanya bermimpi dan terus berandai-andai. Mulai sekarang bertindaklah dan wujudkan mimpi Anda. Jadikan diri teman2 adalah seorang agen revolusioner baik bagi organisasi maupun dalam kehidupan pribadi teman2. Jika selama ini Anda selalu saja menerima keadaan, apapun yang terjadi pada diri Teman2 ataupun pada organisasi yg diikuti. Kini saatnya teman2 MTA bergerak. Pikirkan semua masalah yg ada, jangan hanya menerima. Masalah pasti ada saja terjadi pada kehidupan kita, entah itu di sekolah, di kampus, bahkan dalam diri pribadi pun kita pasti memiliki permasalahan. Jadi, lihat baik-baik sekeliling teman2 MTA. Buka lebar-lebar mata, telinga, dan akal. Kira-kira bagian manakah dari organisasi yg memerlukan perubahan? Pasti ada aja masalah yg mengganjal di hati, yang selalu jadi bahan keluh kesah teman2 dan kawan2 di divisi. Jika sudah ketemu, pikirkan semua pemecahan masalah yg ada itu. Ingat pepatah dari Ken Blanchard: “Banyak orang yang bisa melihat maslah, tapi hanya sedikit yang tahu bagaimana menyelesaikannya, dan lebih sedikit lagi yang mampu mewujudkannya.” Nah, jadikan diri Anda orang yg sedikit itu.

3. Jangan Takut Mencoba

Kunci kemenangan bagi orang sukses adalah mereka yang berani mencoba. Mereka berani untuk mengambil langkah perubahan dan mereka berani menyelesaikannya. Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba. Sebagai gambaran, kita coba ingat bagaimana sebuah ide brilian dari seorang Tirto Utomo (penggagas air minum dalam kemasan sekaligus pendiri Aqua). Mesti teman2 ketahui, ide yang dicetuskan oleh Tirto Utomo pada awalnya dianggap “ide gila”. Karena waktu itu kebutuhan manusia akan air bersih tidak sebanyak saat ini, dan air bersihpun bisa didapatkan di mana saja. Tapi, coba kita lihat saat ini. Semuanya terbalik, kesulitan air di mana2, orang2 saat ini lebih suka yg praktis, maka tidak heran ide yang awalnya hanya dianggap ide konyol ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Jadi, coba terus kreativitaskan otak Teman2 untuk menggali solusi dari perubahan yang ingin Teman2 MTA buat. Karena sejatinya otak bukanlah sebagai organ perekam, tapi otak adalah sebagai organ pemikir.

4. Siapkan Diri Selalu

Ide merupakan sesuatu hal yang abstrak pada awalnya, kemudian bisa dikembangkan dengan langkah yang riil melalui tindakan. namun tidak semua ide bisa diaplikasikan dan ditangkap dengan mudah ketika ide tersebut muncul. Karena ide bagus kadang datangnya bukan pada saat Teman2 MTA duduk berkonsentrasi penuh memikirkan sessuatu. Akan tetapi ide muncul di saat yang tak terduga, bisa datang kapanpun dan dimanapun. Bahkan di saat Teman2 MTA tak memikirkan sesuatu sekalipun, begitu melihat atau mendengar sesuatu, ide itu tiba2 muncul dan terlintas dalam pikiran. Jadi, ingatlah. Ide bagus bisa datang kapan aja, unutk itu persiapkan diri Teman2 MTA selalu dengan alat tulis atau reminder lainnya untuk mencatat segala sesuatu yg keluar dalam benak Teman2 MTA.

5. Jangan Takut Ditentang

Kadang kita sering ragu untuk melempar ide atau gagasan kita ke forum yg lebih luas. Banyak ketakutan yang menghadang mental kita. Kita takut ditentang orang, kita takut ide kita ditertawakan orang karena kurang bagus atau kurang bonafid. Kita takut dibilang sok tahu atau sok pintar serta masih banyak alas an yang bikin hati dan nyali kita menciut.

6. Keep Calm and Respect

Jika muncul pertentangan dari orang2 sekitar, janganlah hal tersebut membuat patah arang. Teman2 harus tetap perjuangkan pendapat, karena boleh jadi mereka yang menentang teman2 merupakan orang yang pengen mengetahui seberapa dalam teman2 MTA tahu dan memikirkan ide tsb. Maka persiapkan diri teman2 sebelum melempar gagasan ke forum. Buatlah secara tertulis, termasuk bagaimana gagasan teman2 MTA bisa ditindaklanjuti secara riil. Disamping mempertahankan ide, jaga diri teman2 MTA untuk tetap menghargai dan menghormati pendapat orang lain. Jangan hanya karena teman2 MTA merasa bahwa ide teman2 MTA-lah yg terbaik, lalu teman2 berusaha mempertahankan ide tanpa menghiraukan pendapat dan masukan yang ada.

7. Berpikir Positif

Dalam memperoleh ide dan mempertahankannya dalam sebuah forum, Teman2 MTA diharuskan tetap berpikiran positif. Yakni ide teman2 MTA murni untuk kepentingan organisasi bukan untuk pribadi, dan berprasangka baiklah kepada orang2 yg menentang teman2 MTA. Bisa jadi mereka belum paham tentang gagasan yang teman2 MTA usulkan, tak ada salahnya teman2 MTA menerangkannya lebih terperinci.

8. Jangan Lepas Tangan

Setelah teman2 MTA berpikir untuk memperoleh ide, kemudian teman2 MTA mati2an mempertahankannya dan mencoba menerangkan kepada seluruh anggota. Janganlah berhenti sampai di situ, lengkapi semua ide tersebut dengan langkah dan tindakan yang nyata atau minta atasan untuk segera mewujudkan ide itu dalam tindakan yang riil. Kalau perlu teman2 MTA-lah yang menjadi motor penggeraknya. Dengan demikian teman2 MTA tak akan dianggap terkesan hanya bisa omong doang, tapi ogah melaksanakan ide tsb. Jadikanlah ide tersebut sebagai langkah yang nyata untuk membuat sebuah perubahan ke arah perbaikan. Karena sebaiknya seseorang tidak hanya tahu sesuatu tetapi juga dapat bertanya tentang sesuatu, dapat menyampaikan sesuatu dan dapat memperagakan atau mewujudkan sesuatu.

9. Partner Yang Tepat

Setelah teman2 merasa sudah dapat menjalankan ide tersebut dan siap untuk bergerak, hal yang tidak boleh dilupakan juga dalam hal ini adalah team yang solid. Maka untuk menopang kinerja dan terwujudnya ide secara konkrit, carilah partner atau orang2 yang ahli dalam setiap bidangnya. Ingatlah seorang ilmuwan hebat setara Steve Job pun membutuhkan para spesialis dalam merancang dan mewujudkan ide briliannya yang saat ini sudah mendunia. Begitupun dengan teman2 MTA, wujudkanlah ide brilian dengan orang2 brilian. So, find out the right man on the right place to make it right.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s