Beberapa Tips Bersosial Media Yang Baik di Bulan Puasa

Sosmed Pages

Dewasa ini perkembangan IPTEK sangatlah pesat dan signifikan, seiring bergantinya zaman dari hari ke hari, bulan ke bulan, dan tahun ke tahun maka semakin berkembang pula kecanggihan tekhnologi. Tekhnologi saat ini terdiri dari beberapa macam dan beragam kriteria, yang diantaranya adalah tekhnologi informasi berupa sosial media yang populer di semua umur baik itu anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Sosial media juga menginvasi semua kalangan, dari mulai kalangan atas, kalangan menengah ke bawah dan kalangan dasar. Berbagai profesipun tak luput dari eksploitasi sosial media, dari mulai para pejabat, konglomerat, direktorat, sampai kaum melarat. Bagi para mahasiswa sudah barang tentu mengenal dan wajib melek tentang sosmed ini jikalau tak mau disebut gaptek, bahkan bagi sebagian mahasiswa hal ini menjadi kebutuhan yang primer dalam kehidupannya sehari-hari, walaupun hal itu mereka lakukan hanya sekedar untuk upstat (update status), liat foto2 cewek (bagi para mereka cowok2 jomblo), melakukan pedekate, atau berharap dapet jodoh dari sosial media ini. Banyak sekali contoh sosial media yang saat ini menjadi sahabat masyarakat antara lain: facebook, twitter, BBM, Line, We Chat, dan masih banyak lagi jenis sosial media lainnya.

Dengan semakin populernya sosial media di dunia maya, maka teman2 mahasiswa dapat mempelajari cara-cara yang baik dalam berinteraksi dan berkomunikasi melalui sosial media yang populer saat ini. Agar supaya teman2 mahasiswa bisa tetap mengikuti perkembangan jaman dengan tetap berpegang teguh pada prinsip hidup di dunia nyata serta tidak bertolak belakang dengan norma yang ada. Terlebih lagi saat ini kita sedang menjalankan ibadah puasa, maka marilah kita menjadi internet surfer yang baik dan berikut cara yang dapat anda ikuti:

Bersosial medialah dengan Teman yg Anda kenal di dunia nyata

Bagi sebagian orang, bersosial media merupakan ajang eksistensi diri dan memperluas jaringan (networking) serta memperbanyak teman. Namun adakalanya hal itu justru jadi boomerang, ketika teman kita di dunia maya ternayata mempunyai maksud yang kurang baik dengan berkenalan dengan kita di dunia maya. Saran dari MTA bersosialisasilah dengan teman yang kita kenal di dunia nyata, jangan asal memberikan approval untuk beberapa teman yg baru kita kenal di dunia maya.

Jangan mengikuti percakapan yg tidak perlu

Mengikuti percakapan seseorang yang kita senangi memang hal yang wajar di sosial media. Apalagi percakapan tersebut datang dari orang yang sangat kita kagumi atau orang yang sedang kita incar buat dijadikan teman atau lebih dari sekedar teman. Namun percakapan tersebut jika terlalu sering dan isinya kebanyakan nggak penting lebih baik di unfollow atau di mute aja.

Posting dan Upstat seperlunya

Sosial media merupakan tempat yang pas untuk mengaktualisasikan diri dengan teman2 kelas, sahabat kostan, keluarga, saudara jauh dekat, tetangga sekampung dan banyak lagi. Sosmed juga bermanfaat untuk mempererat tali silaturahmi dengan teman2 lama di kampung, teman lama di saat di sekolah baik waktu di SMA, SMP, SD, TK. Serta fasilitas yang mudah dan murah untuk berbagi informasi dan juga mengadakan suatu kegiatan semacam reuni dan kopi darat.

Di sosmed juga kita bisa mengunggah beberapa postingan seperti foto, status, pekerjaan, tempat tinggal dsb. Namun, sekali lagi sosial media bukanlah galeri atau CV yang harus semua orang tau tentang privasi kita. Jadi, postinglah yang sekiranya itu layak diketahui oleh khalayak umum.

Sosmed bukan ajang Promosi

Yaa.. walaupun ada sebagian yang mengartikan demikian, tapi setidaknya hal itu ada dalam batas yang wajar dan bisa menempatkannya. Karena “Sosmed bukanlah pasar” teman2 pasti tau pasar dan kondisi pasar yang selalu ramai. Nah, seperti itulah aktivitas yang terjadi di sosial media saat ini. Mentang-mentang mereka tau disitu adalah lahan terbaik untuk promosi, dengan seenaknya mempromosikan dan menjual barang dengan cara berlebihan. Yang bikin heran biasanya ada dalam sebuah group/kelompok/komunitas/himpunan/kelas dan yang sejenisnya. Sebagai contoh: Group tersebut merupakan Group Sosial Media untuk Badan tertinggi organisasi kampus semisal BEM, HIMA, SENAT, dll. Namun isi dari postingan di dalam group tsb tidak lebih dari para penjaja pasar yg menawarkan barang dagangan mereka, mereka salah mengartikan fungsi dari pembuatan group tersebut. Group sosmed kini bukan lagi tempat koordinasi masalah organisasi., akan tetapi koordinasi masalah bisnis dan lahan mengais rezeki.
#Ironis

Tidak curhat di Sosial Media

Meskipun percakapan atau curhatan yang teman2 lakukan itu ditujukan kepada orang-orang tertentu, namun pada kenyataannya, status teman2 dapat dibaca oleh orang-orang yang mungkin tidak dikehendaki. Sebaiknya sebelum memposting curhatan atau percakapan yg bersifat pribadi, alangkah lebih indahnya cek terlebih dahulu apakah setting privacy dalam akun teman2 sudah digunakan. Lebih aman jika percakapan dilakukan melalui direct message atau inbox yang hanya bisa dibaca oleh si empunya akun dan orang-orang tertentu saja.

Hindari bahasa Alay

Munculnya beberapa sosial media dalam kehidupan anak muda khususnya mahasiswa, ternyata memberikan dampak pula terhadap perkembangan bahasa. Dan yang paling berbahaya adalah meningkatnya kaum alay dengan bahasa yang lebay yang tidak jauh beda dengan keberadaan jablay. Sepintas memang terdapat kelucuan dalam bahasa alay, namun apabila kita telah sadar hal tsb justru memberikan dampak negatif pada teman2 semacam pembunuhan karakter dan image seseorang.

Mungkin itulah beberapa tips yang perlu dipahami dan dimengerti oleh teman2 mahasiswa dalam mengarungi hidup di dunia maya. Semoga bisa bermanfaat buat kalian yang suka eksis di sosial media dan juga bisa mawas diri dalam bersosial media di bulan puasa ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s