MTA on Planning a Getaway

IMG00227-20130118-0927

IMG0134A

Memasuki bulan Juni atau pertengahan tahun, di mana pada bulan tersebut adalah masa-masa yang sibuk bagi mahasiswa. Biasanya pertengahan Juni atau awal Juli ada schedule UAS (Ujian Akhir Semester) di beberapa kampus. Namun, Ane gak akan ngebahas masalah UAS atau memberikan tips and trick dalam melaksanakan UAS. Akan tetapi Ane mau ngebahas tentang kegiatan setelah pelaksanaan UAS, tidak lain tidak bukan yakni liburan.

Liburan merupakan suatu yang istimewa dan sangat ditunggu oleh para mahasiswa, apalagi setelah menempuh ujian yang melelahkan, mereka pun tampak lega karena telah menyudahi hari ujiannya. Banyak hal yang akan dilakukan oleh para mahasiswa untuk mengisi waktu luang dalam kekosongan hari–hari libur usai menyelesaikan ujian semester. Apalagi liburan di bulan Juli merupakan liburan semester genap, yang mana liburannya bisa lebih lama dibanding dengan libur semester ganjil. Teman2 mahasiswa mungkin sudah pada tahu tentang hal ini, liburan semester genap bisa memakan waktu sampai dua atau tiga bulan. Cukup jauh perbedaannya dengan durasi libur ketika teman2 masih duduk di bangku sekolah yang biasanya hanya berdurasi dua/tiga minggu saja.

Bagi mahasiswa yang tinggal jauh dari keluarganya atau yang biasanya tinggal sebagai anak kost-an. Mereka tentunya memanfaatkan momen ini untuk mudik ke kampung halaman, di saat libur usai ujian semester inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh para mahasiswa tersebut untuk berlibur dan berkumpul dengan keluarga. Meskipun begitu ada juga beberapa dari mereka yang tidak bisa balik ke tempat keluarganya dengan berbagai alasan. Biasanya yang menjadi faktor2 penghambat mahasiswa untuk liburan dan bersenang2 di saat libur semester ialah remedial mata kuliah, ingin mengambil mata kuliah Semester Pendek (SP), selain itu ada juga mahasiswa yang produktif memanfaatkan waktu libur dengan mencari pekerjaan, ada pula yang justru sibuk dengan kegiatan organisasi, dan yg lebih hebat biasanya memanfaatkan waktu libur dengan belajar.

Memang sedikit aneh, namun bagi mahasiswa tipe ini waktu luang adalah kesempatan untuk memperkaya pengetahuan dan tentunya colong start untuk membalap atau lebih dulu tahu di banding yang lain. Tipe mahasiswa seperti ini punya motto seperti ini: “Ketika orang lain diam, dia berjalan. Ketika orang lain berjalan, dia berlari. Ketika orang lain berlari, dia sampai tujuan. Ketika orang lain sampai tujuan, dia mulai berjalan kembali.” Wah, mahasiswa seperti ini bisa jadi the next Einstein.

Kita tinggalkan dulu mahasiswa ambisius di atas, karena tema sekarang adalah tentang perencanaan liburan. Well, Ane coba berbagi tips tentang perencanaan Liburan. Supaya liburan menjadi lebih menyenangkan dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Apa aja tips dalam merencanakan sebuah liburan? Let`s cekidot…!!!

Planning a Getaway

1. Tentukan dulu tempat tujuan liburan teman2, langkah ini penting untuk menyalurkan apa yang hendak ingin teman2 capai atau rasakan dalam liburan tersebut. Apakah anda ingin menikmati liburan dengan mengunjungi tempat2 lokal di daerah anda atau ingin berkumpul dengan teman2, keluarga, sahabat, teman lama, dan mungkin bebeb anda di pantai. Bisa juga anda yang suka hiking atau berpetualang dengan mendaki gunung, lembah, bukit, jurang atau bahkan gua2 yang belum di jamah oleh manusia. Bagi yang kelebihan uang, opsi lain yaitu berangkat ke luar negeri sebagai destinasi liburan yang tentunya

2. Lakukan penelusuran tentang sekeliling spot yang akan dijadikan tempat liburan. Pastikan lokasi di tempat liburan teman2 dekat ATM center, minimarket, akomodasi, pusat hiburan dan transportasi lokal. Teman2 juga bisa membawa buku panduan wisata atau mempelajari budaya, sejarah dan daya tarik lokal wilayah tujuan wisata nanti.

3. Pertimbangan biaya liburan secara menyeluruh dan berapa lama kita akan berlibur di sana. Ini merupakan hal terpenting sebelum memutuskan hendak kemana anda akan menghabiskan waktu liburan teman2. Langkah ini sangat bermanfaat bagi anda untuk menikmati semua tujuan wisata liburan anda sesuai dengan anggaran keuangan teman2. Jangan melakukan hal bodoh dengan liburan melewati batas anggaran anda ini akan membuat anda bukannya enjoy tapi malah membuat anda stress setelah liburan.

4. Selesaikan dulu tugas2, kewajiban, pekerjaan rumah yang masih tersisa. Jangan sampai liburan kita dihantui dengan pertanyaan “aduh gimana nih tugas gue belum kelar?” Dengan selesainya tugas2 tadi, maka liburan akan terasa lebih bebas.

5. Membuat rincian aktivitas selama liburan, per-kegiatan, hari per-hari atau per-lokasi. Dengan mengikuti jadwal yang ada, maka liburan kita akan lebih efisien dan tertib.

6. Membawa perlengkapan yang dibutuhkan saja, pertimbangan kondisi alam, cuaca dan aktivitas yang akan teman2 lakukan selama liburan.

7. Yang terakhir mintalah izin dan restu sama bonyok (bagi yang liburan tidak dengan keluarga) jangan sampai liburan teman2 tidak diketahui oleh orang tua.

Gather your vacation buddies with good preparation. Have a whale of a HOLIDAY !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s