Euforia Organisasi Mahasiswa

Dewasa ini kehidupan manusia tidak lepas dengan yang namanya sistem birokrasi dan administrasi yang menuntut manusia untuk lebih sadar akan aturan dan sistem yang berlaku dalam pencapaian suatu tujuan dari berbagai bidang kehidupan yang lebih tertata dan terorganisasi. Dalam hal ini organisasi memiliki peranan penting dalam mewujudkan suatu masyarakat dan individu yang teoritis, kritis, demokratis dan humanis.
Organisasi secara sederhana, bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Peter Senge (1990) mengungkapkan pengertian tentang organisasi bahwa “Organisasi yaitu di mana orang-orangnya secara terus-menerus mengembangkan kapasitasnya guna menciptakan hasil yang benar-benar mereka inginkan, di mana pola berpikir baru dan berkembang dipupuk, di mana aspirasi kelompok diberi kebebasan, dan di mana orang-orang secara terus-menerus belajar mempelajari (learning to learn) sesuatu secara bersama”.

Dalam sebuah institusi formal atau non formal, organisasi memiliki peran vital dalam membentuk, membina dan mengembangkan institusi tersebut. Di sekolah, kampus, perkantoran, pemerintahan, masyarakat, bahkan keluarga tentu mempunyai sistem dan manajemen organisasi tersendiri. Organisasi pun memiliki jenis dan fungsi yang berbeda sesuai dengan tujuan organisasi tersebut di bentuk dan keberadaan organisasi tersebut berada. Salah satunya adalah organisasi yang berada di ruang lingkup kampus atau perguruan tinggi yang bernaung di bawah payung hukum dan sistem organisasi kampus tersebut ataupun organisasi mahasiswa lintas kampus. Organisasi ini dinamakan organisasi kemahasiswaan atau organisasi mahasiswa.

Organisasi mahasiswa merupakan organisasi yang beregenerasi, yang keberadaan anggotanya silih berganti sesuai dengan anggota/mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan di sebuah perguruan tinggi. Keterbatasan waktu studi membuat orang-orang yang terlibat didalamnya tidak dapat beraktivitas untuk selamanya berbeda dengan organisasi politik. Landasan penggerak dari sebuah organisasi mahasiswa adalah kepentingan mahasiswa dan berkoridor pada nilai-nilai kemahasiswaan, nilai-nilai intelektualitas, integrasi, kebangsaan, independensi pengabdian masyarakat dan nilai perjuangan lainnya merupakan nilai yang telah diyakini sejak dulu dan beradaptasi dengan tuntutan jaman.
Organisasi ini dapat berupa organisasi kemahasiswaan intra kampus, organisasi kemahasiswaan ekstra kampus, maupun semacam ikatan mahasiswa kedaerahan yang pada umumnya beranggotakan lintas-kampus. Pada dasarnya, Organisasi Mahasiswa adalah sebuah wadah berkumpulnya mahasiswa demi mencapai tujuan bersama, namun harus tetap sesuai dengan koridor AD/ART yang disetujui oleh semua pengurus organisasi tersebut. Organisasi Mahasiswa tidak boleh tunduk dan menyerah pada tuntutan lembaga kampus tempat organisasi itu bernaung, melainkan harus kritis dan tetap berjuang atas nama mahasiswa, bukan pribadi atau golongan.

Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat dan akan terjun didalam masyarakat itu sendiri dituntut untuk lebih banyak mengetahui tentang organisasi di kalangan masyarakat maupun di kalangan mahasiswa itu sendiri. Namun, cukup ironis dengan apa yang terjadi di dalam realitas mahasiswa saat ini. Banyak diantaranya yang mengabaikan dan menganggap sepele tentang pentingnya sebuah organisasi. Memang tidak ada jaminan seseorang bisa sukses dengan berbekal pengalaman organisasi yang ia miliki, tapi organisasi memiliki peranan penting dalam mengembangkan potensi diri dan kerjasama dalam kelompok.

Sementara Mahasiswa merupakan sekelompok minoritas tertinggi dari masyarakat yang terdidik dengan kualifikasi tertinggi dari pendidikan formal lainnya. Mahasiswa biasa dianggap serba bisa dan serba mengetahui tentang segala sesuatu oleh masyarakat. Oleh karena itu seorang mahasiswa dituntut untuk lebih peka dalam memandang suatu masalah dan menanggapi masalah tersebut dengan analisis dan cara pandang yang ilmiah. Kadang sebuah masalah timbul yang benar-benar sulit untuk diterima dengan akal dan memerlukan analisis dalam menjawab atau memecahkan masalah tersebut. Dilihat dari fungsinya mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga stabilitas dan integritas kehidupan serta mampu memberikan perubahan yang signifikan untuk keberaturan kehidupan manusia yang sesuai dengan sistem dan norma-norma yang ada.

Mengacu kepada pembahasan di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa organisasi kemahasiswaan selayaknya diikuti, ditekuni, serta diaplikasikan oleh mahasiswa ke dalam kehidupan sebenarnya dalam masyarakat. Dengan adanya optimalisasi organisasi dan euforia dalam jiwa mahasiswa, maka tugas mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan), social control (kontrol sosial) dan juga sebagai man of analyze (orang-orang yang memiliki analisis lebih) dalam masyarakat bisa terwujud. Sehingga muncul sebuah pribahasa positif akan keberadaan mahasiswa di dalam masyarakat yaitu kehadirannya menggenapkan bilangan dan ketidakhadirannya mengganjilkan bilangan.
Nah, disinilah peran kita sebagai mahasiswa untuk bagaimana mengembalikan euforia dalam berorganisasi di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Agar supaya organisasi tidak dianggap lagi hal sepele dan untuk mengembalikan paradigma masyarakat bahwa seorang pemimpin yang bertanggungjawab dalam melaksanakan sebuah roda pemerintahan dibutuhkan orang-orang yang memang mengerti tentang bagaimana mengatur, memanajemen dan mengorganisasi dirinya sendiri dan orang lain yang menjadi tanggung jawabnya. Kemudian untuk mahasiswa sendiri diharapakan mampu mengambil esensi dari keikutsertaannya dalam sebuah organisasi kemahasiswaan dan menjadikan mereka lebih peka terhadap segala apa yang terjadi disekitarnya.

-RS11-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s